" MEDIA ONLINE BYAZ SURYA DJAGAD TIDAK BERTANGGUNG JAWAB APABILA ADA YANG MENGAKU WARTAWAN DARI MEDIA INI YANG NAMANYA TIDAK TERCANTUM DALAM DAFTAR ANGGOTA REDAKSI DAN CREW YANG TIDAK MEMENUHI TUGAS JURNALISNYA AKAN DI HAPUS DARI DAFTAR ANGGOTA." " Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akhirnya memberikan mandat kepada Joko Widodo ( Jokowi) sebagai calon Presiden 2014." " Para penyelidik yang melakukan pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 kini punya kekhawatiran besar. Dikhawatirkan, pesawat yang hilang tersebut saat ini berada di bagian paling dasar Samudera."
Home » » Bahaya Dan Resikonya Mudik Naik Motor

Bahaya Dan Resikonya Mudik Naik Motor

Written By Byaz.As on Jumat, 02 Agustus 2013 | 07.21

Jakarta - Mudik menjadi tradisi tahunan yang tidak bisa dihindarkan. Jutaan orang bergerak dari kota ke desa untuk sekadar merayakan Idul Fitri dan berkumpul bersama keluarga. Fenomena menarik dari tradisi tahunan ini adalah pemudik yang menggunakan motor untuk pulang ke kampung mereka.

Jumlah pemudik yang menggunakan motor tidak sedikit, jumlahnya mencapai jutaan orang. Tren mudik menggunakan motor juga cenderung meningkat tiap tahun. Padahal mudik menggunakan motor bukan tanpa risiko, khususnya risiko keselamatan dan kesehatan.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Dirjen PP dan PL) Kemenkes RI, Prof dr Tjandra Yoga Aditama, Sp P(K), MARS, DTM&H, DTCE, menyampaikan risiko yang terjadi jika mudik menggunakan sepeda motor, serta solusinya bila pemudik terpaksa harus menggunakan sepeda motor saat mudik.

Berikut lima masalah kesehatan dan risikonya akibat kebiasaan duduk atau berkendara selama berjam-jam, dalam rilis yang diterima detikRamadan, Jumat (2/8/2013).

Pertama, bisa mengakibatkan sakit pinggang, duduk berjam-jam bisa menyebabkan rasa sakit di bagian punggung, hal ini biasanya disebabkan oleh masalah kekuatan otot.

Kedua, dapat mengganggu metabolisme, beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa duduk selama berjam-jam dapat menganggu sistem metabolisme tubuh. Alhasil, tubuh mengalami penurunan kadar kolesterol baik, sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan, maupun peningkatan kadar gula darah.

Ketiga, bermotor dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan nyeri leher atau nyeri otot. Keluhan ini bisa disebabkan oleh peradangan pada sendi tulang belakang.

Keempat, bisa menurunkan konsentrasi, sehingga berisiko terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kelima, menggunakan sepeda motor dalam waktu yang lama juga dapat mengakibatkan kelelahan, sehingga sering mengalami gangguan kesehatan dan kecelakaan di jalan.

Lalu, apa yang perlu diperhatikan pemudik bermotor agar terhindar dari risiko di atas?

1. Siapkan kesehatan baik fisik dan mental, sebaiknya periksakan kesehatan dahulu sebelum perjalanan, pastikan kendaran dalam keadaan baik, hindari penggunaan obat yang menyebabkan kantuk dan minuman beralkohol.

2. Hindari membawa beban atau orang melebihi kapasitas, gunakan helm standar keselamatan, patuhi rambu-rambu lalu lintas, dan tidak menggunakan alat komunikasi saat mengemudi.

3. Beristirahatlah setiap 3-4 jam sekali dan istirahat saat mengantuk/lelah, hati-hati mengemudi saat turun hujan/cuaca buruk, dan jaga jarak dengan kendaraan lain.

4. Sebaiknya tidak mudik menggunakan sepeda motor, mengingat angka kecelakaan tertinggi selama musim mudik dialami pengendara sepeda motor. Manfaatkan fasilitas mudik gratis atau fasilitas pengangkutan sepeda motor dengan kapal laut maupun kereta api dari pemerintah dan sektor swasta, atau gunakan moda transportasi umum saja.(Sumber Detik)
    Share this article :
    Comments
    0 Comments

    Posting Komentar

     
    Support : FB REDAKSI | IN TV | CV KOMBIS SOLID
    Copyright © 2011. BSDJ TV - All Rights Reserved
    Template Created by MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
    Proudly powered by Byaz Surya Djagad