" MEDIA ONLINE BYAZ SURYA DJAGAD TIDAK BERTANGGUNG JAWAB APABILA ADA YANG MENGAKU WARTAWAN DARI MEDIA INI YANG NAMANYA TIDAK TERCANTUM DALAM DAFTAR ANGGOTA REDAKSI DAN CREW YANG TIDAK MEMENUHI TUGAS JURNALISNYA AKAN DI HAPUS DARI DAFTAR ANGGOTA." " Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akhirnya memberikan mandat kepada Joko Widodo ( Jokowi) sebagai calon Presiden 2014." " Para penyelidik yang melakukan pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 kini punya kekhawatiran besar. Dikhawatirkan, pesawat yang hilang tersebut saat ini berada di bagian paling dasar Samudera."
Home » » Mbah Sarkinem, Butuh Waktu Seminggu Untuk Medapatkan 60 Ribu Rupiah

Mbah Sarkinem, Butuh Waktu Seminggu Untuk Medapatkan 60 Ribu Rupiah

Written By Byaz.As on Sabtu, 16 November 2013 | 09.00




Banjarnegara- Bagi sebagian masyarakat kita, hidup kadang tak banyak memberi pilihan. Namun dalam situasi seperti apapun, di antara mereka, ada yang memilih untuk terus bekerja tak kenal menyerah. Seperti yang dilakoni Sarkinem (42), warga Desa Susukan, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sehari-hari, Sarkinem menggantungkan hidupnya sebagai pemecah batu, selain sebagai petani musiman. di desa ini, pekerjaan memecah batu kebanyakan digeluti para perempuan.

Sudah puluhan tahun Sarkinem bekerja sebagai pemecah batu. Dengan berpayungkan tenda yang terbuat dari ranting pohon dan beratapkan blarak (daun kelapa), Sarkinem melakukan pekerjaannya di sebuah tempat yang jaraknya sekitar satu kilometer dari tempat tinggalnya. Batu-batu yang dipecah Sarkinem diambil dari sungai Gumelem.

Setiap hari Sarkinem mampu mengangkut satu karung ukuran 10 kilogram batu yang dia ambil dari sungai Gumelem, untuk kemudian dibawa ke pinggiran sungai. Di tempat itu, Sarkinem memecah batu dengan alat berupa palu dan karet yang dilingkarkan.

Pecahan batu ini kemudian diambil para pengepul dari Cilacap, Purwokerto, Banyumas dan Banjarnegara. Katanya, batu-batu ini digunakan untuk proyek pembangunan. Dari hasil memecah batu, Sarkinem mendapat imbalan Rp 60 ribu perkubik. Untuk mendapat batu satu kubik, ia harus bekerja keras selama seminggu.(Sumber)

               Redaksi@Suryajagad,com
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : FB REDAKSI | IN TV | CV KOMBIS SOLID
Copyright © 2011. BSDJ TV - All Rights Reserved
Template Created by MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad