" MEDIA ONLINE BYAZ SURYA DJAGAD TIDAK BERTANGGUNG JAWAB APABILA ADA YANG MENGAKU WARTAWAN DARI MEDIA INI YANG NAMANYA TIDAK TERCANTUM DALAM DAFTAR ANGGOTA REDAKSI DAN CREW YANG TIDAK MEMENUHI TUGAS JURNALISNYA AKAN DI HAPUS DARI DAFTAR ANGGOTA." " Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akhirnya memberikan mandat kepada Joko Widodo ( Jokowi) sebagai calon Presiden 2014." " Para penyelidik yang melakukan pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 kini punya kekhawatiran besar. Dikhawatirkan, pesawat yang hilang tersebut saat ini berada di bagian paling dasar Samudera."
Home » » Perdagangan Majapahit, Kerajaan Sang Penakluk

Perdagangan Majapahit, Kerajaan Sang Penakluk

Written By Byaz.As on Rabu, 27 November 2013 | 07.00


Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit
Suryajagad.com - Majapahit merupakan negara agraris sekaligus perdagangan yang sangat besar. Majapahit bisa pula disebut sebagai negara agraris maritim. Kekuatan Majapahit sebagai negara agraris maritim bisa dilihat pada peninggalan candi-candi, baik di Jawa Timur maupun di Jawa Tengah.

Hal senada juga diungkapkan Prapto Saptono, arkeolog lulusan Universitas Gajah Mada yang kini tinggal di Jombang, Jawa Timur. Arkeolog yang pernah bertugas di BP3 Jatim ini menjelaskan bahwa jalur perdagangan Majapahit tidak saja didukung oleh kapal-kapal yang besar. Majapahit juga memiliki armada laut yang kuat sehingga sangat berkuasa dalam mengamankan jalur perdagangan di laut utara yang banyak dilalui dan disinggahi negara lain.

Seperti kutipan dari ayogitabisa.com ( 27/11/2013 ) tentang kapal Majapahit, Prapto menyebutkan bahwa pada 2008, pernah dibuat tiruannya di Sumenep, Madura. Relief Candi Minakjinggo di Mojokerto juga banyak mengungkap data agraris zaman Majapahit. Sedang mengenai kapal banyak terdapat di Candi Penataran, Blitar. Di Candi Borobudur juga ada relief mengenai kapal, yang diduga sebagai kapal zaman Majapahit.

Pada masa pemerintahan raja pertama Majapahit, sebuah perubahan moneter penting terjadi. Keping uang dalam negeri diganti dengan uang kepeng, yaitu keping uang tembaga dari China. Prasasti Canggu yang berangka 1358 menyebutkan sebanyak 78 titik perlintasan berupa tempat perahu penyeberangan di dalam negeri (mandala Jawa). Prasasti dari masa Majapahit itu menyebutkan berbagai macam pekerjaan, mulai dari pengrajin emas dan perak, hingga penjual minuman, dan jagal atau tukang daging. Ini semakin membuktikan jika pada masa Majapahit perdagangan sudah sangat maju dan ramai.

Catatan Wang Ta-Yuan, pedagang Tiongkok, juga menyebutkan bahwa komoditas ekspor Jawa pada saat itu ialah lada, garam, kain, dan burung kakak tua, sedangkan komoditas impornya adalah mutiara, emas, perak, sutra, barang keramik, dan barang dari besi. Mata uangnya dibuat dari campuran perak, timah putih, timah hitam, dan tembaga.

Kemakmuran Majapahit diduga karena dua faktor. Faktor pertama, yaitu lembah sungai Brantas dan Bengawan Solo di dataran rendah Jawa Timur utara, yang sangat cocok untuk pertanian padi. Pada masa jayanya Majapahit membangun berbagai infrastruktur irigasi, sebagian dengan dukungan pemerintah.

Faktor kedua, pelabuhan-pelabuhan Majapahit di pantai utara Jawa sekali berperan penting sebagai pelabuhan pangkalan untuk mendapatkan komoditas rempah-rempah dari Maluku. Dari perdagangan ini, Majapahit juga mendapatkan pajak.

Nagarakretagama menyebutkan bahwa kemashuran penguasa Majapahit telah menarik banyak pedagang asing, di antaranya pedagang dari India, Khmer, Siam, dan China. Pajak khusus dikenakan pada orang asing terutama yang menetap semi-permanen di Jawa dan melakukan pekerjaan selain perdagangan internasional. Sungai Brantas dan Bengawan Solo, selain memberikan kemakmuran untuk pertanian, juga memberikan manfaat untuk transportasi ke Kota Raja Majapahit dan ke pelabuhan di Tuban, Lamongan, atau Surabaya.

Kapal-kapal besar bersandar di pelabuhan, sedang kapal-kapal kecil masuk ke Kota Raja melalui sungai-sungai yang memang telah disiapkan dan diatur sedemikian rupa.(sumber)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : FB REDAKSI | IN TV | CV KOMBIS SOLID
Copyright © 2011. BSDJ TV - All Rights Reserved
Template Created by MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad